Abdul Zamad Lauma, Profil Seorang Politisi yang Berdedikasi

News312 Dilihat
banner 728x90

Ditulis Oleh : Ramdan Buhang, SP

Abdul Zamad Lauma adalah seorang politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Dalam perjalanannya di dunia politik, Abdul Zamad telah menunjukkan komitmen dan dedikasinya yang tinggi untuk melayani masyarakat.

Lahir dari keluarga yang sederhana, Abdul Zamad mengawali pendidikannya di SDN 1 Bigo Kecamatan Kaidipang. Ia kemudian melanjutkan pendidikan menengah Pertamanya di SMP Negeri I Kaidipang  lanjut dan tamat di SMP Karya Palu selanjutnya menamatakan sekolah menegah atasnya di SMA karya Palu. Setelah lulus SMA, Abdul Zamad melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Kota Palu sampai semester III dan kemudian selesai di STISIPOL Swadaya Manado.

Karir politik Abdul Zamad dimulai ketika ia bergabung dengan PDI Perjuangan. Eksistensi progresifnya di partai besutan Megawati Soekarno Putri itu, membuatnya dipercaya sebagai Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Kaidipang selama dua periode. Dalam posisi itu, Abdul Zamad menunjukan keuletan sebagai pemimpin yang bertanggungjawab dan memiliki dedikasi yang tinggi. Ia berperan penting dalam mengkoordinasikan kegiatan partai di tingkat kecamatan serta  mengadvokasi aspirasi dan kepentingan masyarakat. Karena itu, ia disegani dan dihormati sesama kader partai dan masyarakat. Dalam perjalanan waktu, ia kembali diberi mandat yang lebih besar. Kali ini panggilan itu datang kepadanya untuk menduduki posisi strategis sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sebagai Sekretaris DPC Partai Banteng Moncong Putih di Bolaang Mongondow Utara, tanggungjawab mengkoordinasikan dan menyelaraskan berbagai kegiatan partai, dapat dilaksanakannya dengan baik. Demikian pula, ia selalu memastikan roda organisasi serta  kebijakan partai berjalan lancar dan efektif. Integritas dan kerja keras merupakan prinsip kerja Abdul Zamad sehingga mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan partai dan masyarakat.

Di luar dunia politik, Abdul Zamad aktif bergumul dalam kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Ia bahkan terjun mengabdikan diri menjadi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan menempati posisi Koordinator TKSK Provinsi Sulawesi Utara selama dua periode. Latar belakang Abdul Zamad sebagai pekerja sosial memberikan pengaruh yang besar pada jiwanya. Ia memiliki kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan sosial di masyarakat. Melalui perannya sebagai Koordinator TKSK Provinsi Sulawesi Utara, Abdul Zamad aktif terlibat mengoordinasikan program-program sosial yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia telah membuktikan mampu menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi hingga setiap program TKSK bisa dirasakan masyarakat. Abdul Zamad adalah teladan tentang kerja keras dan tulus untuk mengemban tugas dan tanggungjawab dalam pengabdian pada masyarakat sehingga hasil kerjanya pun diakui pemerintah pusat.  Terbukti di tahun 2017, dari 7.201 TKSK yang mengikuti seleksi pilar-pilar sosial terbaik yang diselenggarakan Kementrian Sosial RI, ia tampil menjadi yang terbaik di saeontro nusantara.

Kini, di tahun 2023, Abdul Zamad siap meramaikan panggung politik dengan menjadi peserta kontestasi pemilihan anggota legislatif di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Tujuannya tulus. Bukan sekadar ambisi pribadi. Apalagi semata-mata mencari kekuasaan. Tekadnya untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat di tanah kelahirannya. Abdul Zamad percaya bahwa keberhasilan dalam politik harus diukur melalui upaya konkrit meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Abdul Zamad Lauma merupakan sosok inspiratif yang menunjukkan bahwa latar belakang masyarakat bawah tidak menjadi tembok penghalang bagi seseorang untuk mencapai kesuksesan dan memberikan dampak baik pada masyarakat. Dengan niat yang tulus dan semangat pelayanan yang tinggi, Abdul Zamad berusaha keras menjadikan politik sebagai alat pembawa perubahan positif bagi masyarakat.

Sebagai seorang politisi yang berdedikasi, Abdul Zamad terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Ia aktif dalam menginisiasi dan mendukung berbagai program pembangunan yang fokus pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan sektor lain yang penting bagi kemajuan daerah.

Dalam setiap langkahnya, Abdul Zamad senantiasa mengutamakan kepentingan dan aspirasi masyarakat. Ia berusaha untuk menjadi suara bagi mereka yang kurang terwakili, serta mengadvokasi kebijakan yang berpihak pada kesejahteraan dan kemajuan seluruh rakyat Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Semoga perjalanan politik Abdul Zamad terus menginspirasi generasi muda dan menjadi teladan bagi para politisi lainnya. Dengan semangat dan komitmen yang tinggi, Abdul Zamad Lauma memberikan harapan akan adanya politisi yang mampu membawa perubahan positif dan mengabdi kepada masyarakat dengan tulus.

Abdul Zamad Lauma juga dikenal sebagai pemimpin yang memiliki tangan dingin dalam mengelola organisasi. Sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Bolaang Mongondow Utara, ia telah membuktikan kemampuannya dalam memutar roda organisasi dengan lancar. Perannya yang kritis dan cermat dalam mengoordinasikan berbagai kegiatan partai di tingkat kabupaten menjadi faktor penting dalam keberhasilan PDI Perjuangan dalam merebut kursi Ketua di DPRD Bolmut pada tahun 2019.

Semoga langkah-langkahnya membawa kemajuan dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara  secara keseluruhan. [dan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *