DLH Bolmut Beri Arahan Izin Pertambangan Rakyat untuk Penambang Kilo Tujuh Kaidipang

News447 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOROKO – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar pertemuan dengan para penambang yang sedang melakukan aktifitas penambangan emas di Kilo Tujuh Kaidipang. Upaya tersebut dilakukan guna memberikan langkah-langkah pengurusan izin Pertambangan Rakyat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bolmut, Dr. Mohammad Hidayat Panigoro, M.Si, memimpin pertemuan tersebut yang bertujuan mendorong kegiatan penambangan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Dalam pertemuan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Bolmut memberikan informasi tentang prosedur dan persyaratan untuk mengurus izin pertambangan rakyat. Seluruh penambang diwajibkan untuk membentuk kelompok penambang sebagai salah satu persyaratan untuk memperoleh izin tersebut. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antarpenambang dalam menjalankan kegiatan penambangan yang lebih terorganisir dan bertanggung jawab.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dijelaskan bahwa total kawasan tambang di Kilo Tujuh Kaidipang mencapai 4.7 hektar. Dengan luas kawasan yang signifikan, kolaborasi dan kesepahaman antara para penambang sangatlah penting untuk meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Dalam upaya mencapai keberlanjutan dan menjaga lingkungan, setiap penambang wajib bergabung dalam kelompok penambang. Dengan berada dalam kelompok, para penambang dapat saling bertukar informasi, pengalaman, dan pengetahuan terkait praktik penambangan yang ramah lingkungan.

Dr. Mohammad Hidayat Panigoro, M.Si, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bolmut, berharap pertemuan ini dapat memberikan pemahaman yang jelas kepada para penambang mengenai pentingnya mengurus izin pertambangan rakyat secara legal dan bertanggung jawab. Selain itu, melalui pembentukan kelompok penambang, diharapkan kegiatan penambangan di Kilo Tujuh Kaidipang dapat berjalan lebih teratur dan terkoordinasi.

Pertemuan tersebut merupakan langkah awal dalam mendorong pengurusan izin pertambangan rakyat dan mengoptimalkan praktik penambangan yang berwawasan lingkungan di daerah tersebut. Dinas Lingkungan Hidup Bolmut di bawah kepemimpinan Dr. Mohammad Hidayat Panigoro, M.Si, akan terus mendukung para penambang dalam menjalankan kegiatan penambangan yang berkelanjutan dan memperhatikan aspek lingkungan demi keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup. [Ramdan Buhang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *