PILKADA Bolmut 2024 Kian Dekat, Moilom Pontoh Dinilai Layak Dampingi Amin Lasena

News282 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOROKO – ┬áSetelah berakhirnya Pemilihan Legislatif dan Pilpres yang akan digelar tahun 2024, tahapan pesta demokrasi di Indonesia semakin dekat dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2024-2029. Dalam menghadapi akhir periode Pemerintahan DP-AL yang akan berakhir pada bulan September 2023, tahapan Pilkada pun akan segera dimulai. Hal ini telah menimbulkan sejumlah opini publik yang mulai digaungkan oleh elemen masyarakat dari sangkub sampai pinogaluman.

Salah satu tokoh politik perempuan yang ikut memberikan pandangan adalah Riswani Topayu, tokoh politik perempuan dari Bolaang Mongondow Utara. Dalam pertemuan dengan awak media, Riswani menyatakan bahwa Pilbup Bolmut tahun 2024 nanti akan menjadi lebih demokratis dengan mengakomodir perwakilan kaum perempuan. Menurutnya, suara kaum perempuan yang mencapai 52% di Kabupaten Bolaang Mongondow dapat menjadi kunci kemenangan dalam Pilkada tahun 2024. Riswani berharap agar perempuan juga memiliki peran penting dalam politik di daerah tersebut.

Dalam konteks ini, figur Dra. Hj. Moilom Pontoh, yang akrab dipanggil mama mimi, dianggap sebagai representasi kaum perempuan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara untuk diproyeksikan sebagai calon Bupati atau Wakil Bupati periode 2024-2029. Dra. Hj. Moilom Pontoh memiliki pengalaman dan prestasi yang mumpuni, dengan latar belakang sebagai guru dan pernah menjabat sebagai kepala dinas serta kepala inspektorat. Dia juga aktif dalam organisasi kemasyarakatan WIA dan BKMT Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Riswani menyatakan, “Saya secara pribadi optimis jika Bapak Amin Lasena-Moilom Pontoh dipasangkan pada Pilbup 2024 nanti, maka bukan tidak mungkin figur ini akan mampu membawa arah kemajuan Bolaang Mongondow Utara di masa yang akan datang. Kedua figur ini memiliki pengalaman dalam waktu dan ruang pemerintahan di Kabupaten Bolmut, baik di ruang politik maupun birokrasi. Kami, kaum perempuan, memberikan ide-ide dan permakluman kami. Perempuan tidak hanya menjadi pelengkap semata, kami juga harus berdaya di daerah ini.”

Dalam tanggapannya, Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, mengatakan bahwa opini masyarakat yang muncul terkait peran perempuan dalam pesta demokrasi adalah wajar. Menurutnya, dalam beberapa kegiatan formal maupun non formal, banyak saran dan masukan dari warga masyarakat, terutama dari kaum profesional dan tokoh perempuan, agar dia menggandeng figur dari kaum perempuan, seperti Hj. Moilom Pontoh atau mama mimi, sebagai calon Wakil Bupati pada periode Bupati dan Wakil Bupati 2024 mendatang. Amin juga menegaskan bahwa keputusan akhir tetap ada di tangan partai dan mekanisme internal partai harus diikuti oleh semua kader, tanpa terkecuali.

Ketua DPC PPP Bolmut, Mohamad Sidik Binol, menyambut baik opini mengenai keterwakilan perempuan dalam ajang Pilkada 2024. Menurutnya, Partai PPP menunggu dengan antusias untuk melihat bagaimana perkembangan selanjutnya. Papa Fat, sapaan akrab Mohamad Sidik Binol, berharap bahwa keterlibatan perempuan dalam proses politik akan semakin meningkat.

Pilkada Bolaang Mongondow Utara tahun 2024 diharapkan menjadi momen yang lebih demokratis dengan melibatkan perwakilan kaum perempuan. Figur Dra. Hj. Moilom Pontoh menjadi sorotan karena pengalaman, prestasi, dan dukungan yang dimilikinya. Tantangan dan harapan besar kini mengarah pada kemajuan dan peran perempuan dalam pemerintahan daerah ke depan. Kita nantikan bagaimana ending dari pesta demokrasi ini, yang pasti partisipasi perempuan semakin diharapkan oleh masyarakat. [dan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *