Resmi Dilantik, 18 Anggota Panwascam Siap Awasi Pemilu 2024

Bawaslu, PEMILU1165 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOROKO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara resmi melantik 18 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2024.

Acara pelantikan ini digelar di Resort Wisata Bintauna Beach (WBB) Desa Minanga, Kecamatan Bintauna, dan dihadiri langsung oleh Ketua Bawaslu Bolmut, Abdul Muin Wengkeng.

“Pelantikan 18 anggota Panwascam ini didasarkan pada Surat Keputusan (SK) Bawaslu nomor: 018/KP.01.00/K.SA-03/05/2024 tentang penetapan anggota Panwaslu Bolmut tahun 2024 pada pemilihan umum kepala daerah,” jelas Wengkeng.

Ketua Bawaslu Bolmut, Abdul Muin Wengkeng, S.Hut sedang memberikan arahan kepada seluruh anggota Panwascam yang baru dilantik

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Abdul Muin Wengkeng menekankan agar anggota Panwascam yang baru dilantik harus menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya pada pemilu 2024 mendatang.

“Pastikan tidak ada intervensi dari pihak mana pun, jaga integritas dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas Pemilu,” kata Muin pada Jumat (24/5/2024).

Lebih lanjut, Muin mengingatkan pentingnya menjaga integritas dan sikap dalam mengawal demokrasi yang bersih dan berkualitas. Hal ini menjadi dasar utama dalam menjalankan tugas mereka.

“Secara hierarki, kita adalah lembaga besar dengan tugas sebagai Pengawas Pemilu untuk mengawal proses pemilu kepala daerah,” tegasnya.

Ketua Bawaslu Bolmut Sedang Menandatangani berita acara pelantikan

Muin juga berharap agar Panwascam tidak hanya mengawasi partai politik, tetapi juga proses pelaksanaan Pilkada, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya yakin dan percaya Bapak Ibu Panwascam mampu menjaga integritas dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas Pemilu pada Pilkada serentak nanti,” tambahnya.

Pada Pilkada serentak 2024, jika terdapat tindakan yang merugikan proses demokrasi, tindakan harus segera diambil.

“Kepada Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik, bangunlah komunikasi yang intensif secara berjenjang,” harapnya.

Muin juga menekankan kepada Panwascam di enam kecamatan yang baru dilantik agar segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat sebagai langkah pencegahan.

“Dalam melaksanakan tugas, kita harus membangun komunikasi intensif. Ada Bapak Kordiv dan Ibu Kordiv serta saya sebagai Divisi SDM,” tutupnya.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (HP2H) Rizky Posangi, Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Veybe Rugian, serta Ketua KPUD Bolmut Zamaludin Djuka yang didampingi oleh Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM Firman Stion. [Adevetorial]

Foto bersama usai acra pelantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *