TP PKK Bolmut Terapkan Model Pilot Project untuk Keluarga Tangguh Bencana

Berita, Health201 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOLMUT – Ketua Kelompok Kerja (Pokja) IV TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Ening Adam, SST, mendampingi Ketua Pokja IV TP PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dr. Jeanet Nety Siby dalam acara pembinaan, pemantauan, dan evaluasi program pilot project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah) di Kantor Desa Kuhanga, Kecamatan Bintauna, pada hari Selasa (1/8/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Ening Adam yang mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut menyampaikan selamat datang kepada Ketua Pokja IV Provinsi Sulut beserta jajarannya yang hadir di Kabupaten Bolmut. Ening juga menyampaikan bahwa Desa Kuhanga dipilih sebagai salah satu desa pilot project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah) di Kabupaten Bolmut.

Program pilot project Desa Tanggap dan Tangguh Bencana (Gagah) ini bertujuan untuk percepatan penanganan stunting, peningkatan kesehatan ibu dan anak (KIA), serta upaya menuju perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Ketua Pokja IV Provinsi Sulut, dr. Jeanet Nety Siby, menjelaskan bahwa program pilot project ini merupakan bagian dari 9 pilot projek Program Unggulan Bidang Kesehatan TP PKK Pusat. Program tersebut meliputi upaya perencanaan sehat untuk keluarga berkualitas dan kaitannya dengan lingkungan dalam Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana tahun 2021-2024.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendorong serta mengedukasi masyarakat dalam mencapai keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik dan perencanaan yang berkualitas.

Selain itu, dr. Jeanet juga menyatakan pentingnya peran aktif kader PKK di daerah dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di desa dan kelurahan. Ia menekankan bahwa dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah hingga tingkat desa dan kelurahan sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan program ini.

“Proses pembentukan pilot project tingkat desa dan kelurahan, terutama di Kabupaten Bolmut, melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat. Program ini diinisiasi dengan tujuan mewujudkan keluarga dan lingkungan yang sehat melalui Pilot Project bidang kesehatan dan perencanaan yang sehat,” ungkap dr. Jeanet.

Ketua Pokja IV Provinsi Sulut menegaskan bahwa keberhasilan program kegiatan PKK sangat tergantung pada partisipasi aktif seluruh kader. Melalui program pilot project ini, diharapkan akan terjadi peningkatan kesehatan keluarga, kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tangga, serta perencanaan sehat untuk keluarga berkualitas. [Ramdan Buhang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *