Ukur Kemampuan Literasi, ANBK di SMA Negeri I Bolangitang Barat Berhasil Digelar

Pendidikan867 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOLANGITANG BARAT– SMA Negeri I Bolangitang Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, turut sukses menggelar Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dengan melibatkan 45 siswa. Kegiatan ini telah berlangsung pada hari Senin (28/08/2023) dan menjadi upaya konkret dalam menjaga serta meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Bolangitang Barat, Hamjan Ahmad, S.Pd, mengungkapkan bahwa pelaksanaan ANBK ini memiliki tujuan utama untuk mengukur kemampuan literasi dalam membaca dan kemampuan numerasi para siswa. ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) guna memperbaiki kualitas pendidikan di seluruh negeri.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan ANBK ini sangat bermanfaat dalam memacu peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri I Bolangitang Barat.

“Kami percaya bahwa ANBK merupakan langkah konkret untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di negara ini. Dengan pengujian ini, kami dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan ANBK, siswa diuji dalam berbagai aspek kemampuan literasi, termasuk membaca dan kemampuan numerasi. Pengujian dilakukan secara berbasis komputer untuk memastikan hasil yang objektif dan akurat. Hasil dari ANBK ini menjadi indikator penting dalam mengukur tingkat kemampuan siswa di bidang literasi yang menjadi fokus pengujian.

Program evaluasi ANBK tidak hanya mengamati hasil pendidikan yang dihasilkan, tetapi juga menggali informasi mengenai input dan proses pembelajaran yang berlangsung di berbagai tingkat pendidikan. Dengan cara ini, ANBK memberikan gambaran yang lebih holistik tentang mutu pendidikan yang ada di sekolah. [Ramdan Buhang]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *