Upaya Pelestarian Sungai Pontak: Kepala Dinas Lingkungan Bolmut Ajak Masyarakat Tanam Kembali Daerah Tangkapan Air

News269 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOROKO – Kepala Dinas Lingkungan Bolmut, Dr. Mohamad Hidayat Panigoro, M.Si, memberikan tanggapannya terkait masalah mengeringnya Sungai Pontak. Saat diwawancarai oleh reporter media ini, Dr. Hidayat menyampaikan bahwa perlu adanya perlindungan terhadap sumber mata air agar sungai Pontak tidak semakin mengering.

Ia menekankan pentingnya kesadaran masyarakat dalam menghindari pembabatan hutan, terutama di area sumber air. Selain itu, Dr. Hidayat juga mengatakan pihaknya akan melakukan program penanaman kembali pada daerah tangkapan air atau sumber mata air dengan menanam pohon, terutama tanaman bambu yang memiliki kemampuan menyerap air lebih baik.

Kedepannya, Dr. Hidayat berharap melibatkan anak-anak didik dalam upaya pelestarian sumber air sejak dini. Pendidikan dan peran serta masyarakat sangat penting dalam menangani persoalan ini. Dalam hal ini, diperlukan keseriusan bersama dari pemerintah dan masyarakat, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan sekitar Sungai Pontak.

Dr. Hidayat menekankan bahwa masalah mengeringnya Sungai Pontak adalah tanggung jawab bersama, dan dengan kolaborasi yang baik, diharapkan masalah ini bisa segera ditangani dengan baik demi keberlanjutan lingkungan hidup di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *