Wujudkan Pemilu Bersih: Bawaslu Bolmut Gencarkan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Bawaslu, Berita, Pemilu115 Dilihat
banner 728x90

BINADOW.ID, BOROKO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar sosialisasi tentang pengawasan partisipatif dalam menyambut Pemilihan Umum Serentak 2024. Acara berlangsung pada Jumat, (2/2/2024), di Rumah Makan Inindyah, Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang.

Peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk perwakilan dari organisasi pemuda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan insan pers, turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Sebagai pemateri utama, Aljunaid Bakari, S.Pd, M.Si, seorang akademisi dan mantan anggota Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara, memberikan pemahaman tentang pentingnya pengawasan bagi peserta dalam menghadapi pemilu serentak 2024.

Risky Posangi, SH, dari Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya pengawasan dalam pemilu. Hingga saat ini, Bawaslu Bolmut telah mencatat sekitar 300 laporan hasil pengawasan di lapangan, dengan beberapa pelanggaran yang teridentifikasi.

Risky juga menekankan pentingnya pengawasan bersama dalam penyelenggaraan kampanye untuk mencegah terjadinya pelanggaran yang dapat berujung pada konsekuensi pidana yang serius. [dan]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *